Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Nama : M Prasetyo Nugroho
NPM :
53415941
Kelas :
3IA21
Nama Dosen : Syefani
Rahma Deski
Teori Game
• Teori game
adalah studi tentang model matematika yang berkaitan dengan konflik maupun
kerja sama antara para pembuat keputusan yang cerdas dan rasional.
• Teori game
terkait dengan tindakan yang dilakukan oleh para pengambil keputusan, dan
mereka menyadari bahwa pilihan tindakan yang diambil akan mempengaruhi satu
sama lain.
Memodelkan Game
• Agar game
dapat dimodelkan secara matematis, diperlukan 4 elemen dasar dari sebuah game:
1. Pemain
2. Tindakan
3. Payoff
4. Informasi
•
Keempat elemen itu disebut juga Rules of The
Game
•
Para pemain berusaha memaksimalkan payoff
mereka, dengan cara memilih strategi yang tepat berdasarkan
informasi yang
mereka miliki
•
Keadaan di mana setiap pemain telah menentukan
strategi yangoptimal disebut kesetimbangan (equilibrium)
•
Dengan mengetahui kesetimbangan dari suatu game,
pemodel dapat mengetahui tindakan/strategi apa yang dipilih oleh para pemain
yang terlibat, dan juga outcome dari game tersebut.
Manfaat Teori Game
·
Mengembangkan suatu kerangka utnuk pengambilan
keputusan dalam situasi persaingan (kerjasama).
·
Menguraikan metode kuantitatif yang sistematik
bagi pemain yang terlibat dalam persaingan untuk memilih strategi yang
tradisional dalam pencapaian tujuan.
·
Memberi gambaran dan penjelasan phenomena
situasi persaingan/konflik seperti tawar menawar danpe rumusan kualisi
Game Engine Processing
Game Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang
untuk menciptakan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang
dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop
seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya
disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D
atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara,
script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori,
threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan
permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin
permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Tipe – tipe Game Engine
Game engine biasanya datang dengan berbagai macam jenis dan
ditujukan untuk berbagai kemampuan pemrogramman. Tapi dalam pembahasan sekarang
ini, ketimbang harus me-list semua jenis game engine yang ada di wikipedia,
mendingan kita bahas garis besar nya saja.
Roll-your-own game engine. Banyak perusahaan game kecil
seperti publisher indie biasanya menggunakan engine nya sendiri. Ini berarti
mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game
engine mereka sendiri. Disisi lain, mereka kadang menggunakan libraries
komersil atau malah open source. Terkadang mereka malah membuat semuanya dari
nol.
Biasanya, game engine tipe ini lebih disukai karena selain
kemungkinan besar tersedia gratis, juga memperbolehkan mereka, para developer,
lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk
sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya, banyak engine yang dibuat
dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya. Menara Games Studio
membutuhkan satu tahun penuh untuk menyempurnakan game engine nya, hanya untuk
di tulis ulang semuanya dalam beberapa hari penggunaan karena adanya bug kecil
yang sangat mengganggu.
Mostly-ready game engines. Engine engine ini biasanya sudah
menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer / programmer. Semuanya
termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model dan texture, dan segalanya.
Banyak dari mereka yang sudah benar benar matang, sehingga dapat langsung
digunakan untuk scripting sejak hari pertama.
Biasanya game engine semacam ini memiliki batasan batasan,
terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar benar
terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi terlalu banyak error yang
mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis, dan
masih memungkinkan game engine nya itu sendiri untuk mengoptimalkan kinerja
game nya. Banyak dari game engine seperti ini, Unreal Engine, Source Engine, id
Tech Engine dan sebagainya, yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus
membuat dari awal. Hal ini dengan serta merta menyingkat sangat banyak waktu
dan jelas, biaya dari para Developer game.
Point-and-click engines. Engine untuk point-and-click
merupakan engine yang sangat amat dibatasi, tapi dibuat sangat user friendly.
Kamu bahkan bisa mulai membuat game mu sendiri menggunakan engine seperti
GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding,
kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget.
Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang
bisa dilakukan, dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis,
hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini nggak berguna, bagi
developer cerdas dan berdaya kreativitas tinggi, game engine bapuk seperti ini
bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine
seperti ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu
pemrogramman, dan secepatnya merilis game game mereka.
Beberapa contoh jenis game engine :
1. Freeware game engine/open source game engine.
•
Golden T Game Engine (GTGE)
•
Axiom Engine
•
Allegro Library
2. Commercial engines/game engine berbayar (komersial).
•
Alamo
•
A.L.I.V.E
•
BigWorld
•
DXStudio
3. Engine Berbayar Untuk membuat game 3D:
•
3D Game Maker
•
3D Game Studio
•
DarkBASIC
4. Engine Berbayar Untuk membuat game 2D:
•
RPG MAKER VX
•
RPG MAKER XP
•
Game Maker Pro
5. Engine Gratis Untuk membuat game 3D:
•
Panda 3D *)
•
OGRE *)
•
Esenthel for noncommercial
6. Engine Gratis Untuk membuat game 2D:
•
RPG MAKER 2000
•
RPG MAKER 2003
Sumber :
http://alfanfadhila18.blogspot.co.id/2016/01/apa-itu-game-theory-teori-permainan.html
Pengantar Teori Game, Ahmad Sabri, MSi. Universitas Gunadarma
http://robeanhandy.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-game-engine.html
Sumber :
http://alfanfadhila18.blogspot.co.id/2016/01/apa-itu-game-theory-teori-permainan.html
Pengantar Teori Game, Ahmad Sabri, MSi. Universitas Gunadarma
http://robeanhandy.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-game-engine.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar